Bank Mandiri Tancap Gas di Lotim: Jalur Khusus dan 9 KCP Percepat Aktivasi Rekening Anak YAPI

Foto Fernando Jansen Gultom selaku KCP Mandiri Masbagik dan Timnya; Foto Arifin, KCP Mandiri Aikmel Beserta Timnya saat Melakukan Percepatan Aktivasi Buku Tabungan Anak Yatim-Piatu pada Senin (19/5/2025) di Pendopo Bupati Lotim (Dok. Pribadi)
Tantangan Data dan Solusi Jalur Khusus
Fernando Jansen Gultom, Kepala Cabang Pembantu (KCP) Mandiri Masbagik, mengungkapkan sebagian besar Anak YAPI tidak terkoordinir oleh yayasan atau lembaga mana pun, sehingga pengumpulan data nama, kontak, bahkan status terkini sering terhambat.
“Ada anak yang sudah meninggal atau pindah entah ke mana, tapi kami terus berkolaborasi dengan Dinsos Lotim untuk melacak dan memverifikasi setiap nama,” ujarnya. “Begitu buku tabungan terverifikasi, Rp 200 ribu per bulan bisa langsung dicairkan tanpa potongan administrasi, sesuai arahan Bupati Lotim.”
Verifikasi Desa dan Dukungan BAZNAS
Praktik validasi data juga diterapkan di KCP Mandiri Aikmel.
“Data yang sudah divalidasi Disdukcapil dan desa, langsung kami salurkan,” kata Arifin, KCP Mandiri Aikmel. Lebih lanjut ia menambahkan, “Kedepannya kami berharap Pemda dan Dinsos Lotim dapat terus melakukan pendataan itensif,bagi Anak YAPI yang belum melakukan aktivasi.”
Realisasi & Rencana Kedepan
Perwakilan Kemensos RI, Ari Murti, menyebut potensi penerima mencapai sekitar 7.000 anak, dengan 4.166 sudah aktif pada tahap pertama. Sisa 2.834 anak kini dalam proses aktivasi; dari jumlah itu, 1.972 belum bertransaksi sama sekali, dan 772 belum terdaftar lewat lembaga. Bank Mandiri, melalui 9 KCP di Lotim, memastikan setiap penerima memiliki buku tabungan khusus tanpa biaya administrasi, sehingga setiap dua bulan sekali dana Rp 400 ribu masuk penuh ke rekening mereka.
Inspirasi Kolaborasi untuk Anak YAPI
“Semoga bantuan ini bermanfaat bagi adek-adek kita,” harap Arifin. “Program Pemda Lotim sangat bagus karena kami dilibatkan langsung dalam pembagian dan pemantauan. Dengan data valid, penyaluran akan tepat sasaran.” Ia menegaskan, selain jalur khusus tanpa antrean, setiap Anak YAPI diimbau membawa identitas lengkap! Agar bisa segera aktivasi. Kemudian diminta untuk ,menyimpan dengan baik pada Buku Tabungan & ATM. Sebab, ini adalah bukti data di Bank Penyalur, yang bisa digunakan untuk berbagai transaksi keuangan lainnya".
Keberhasilan inisiatif ini membuktikan bahwa kolaborasi lintas instansi dari tingkat desa hingga kementerian, dapat menghadirkan solusi inovatif yang berdampak nyata. Bank Mandiri pun berkomitmen menguatkan layanan perbankan sosial, memastikan hak-hak Anak YAPI di Lombok Timur terpenuhi secara cepat, aman, dan bebas hambatan teknis.
Editor :M Amin